Outbound Kaliwatu Rafting Program Belajar Bersama Masyarakat Bersama SMA 10 Surabaya.

Outbound yang sesuai artinya yaitu keluar dari bingkai,dalam artian kegiatan outbound dilakukan oleh pihak sekolah dengan harapan peserta didik mampu keluar dari rutinitas kehidupan sehari hari mereka dengan belajar diluar langsung dengan masyarakat. Kali ini tema yang digunakan SMA Negeri 10 Surabaya adalah Belajar Bersama Masyarakat.Dimana siswa benar- benar membaur dengan masyarakat sekitar ,segala aspek pembelajaran yang akan di dapat oleh siswa,diantaranya adalah pembelajaran ilmu sosial dimana siswa diajarkan bagaimana berinteraksi dengan masyarakat sekitar,tata krama,pola hidup,dan budaya dan norma norma adat yang akan dipelajari,siswa juga belajar akan ilmu ekonomi dan industri karena mereka akan terjun langsung di lapangan dalam bagaimana lingkungan dan alam yang bisa dijadikan sumber ekonomi dan dimanfaat kan secara baik. Outbound dengan tema Belajar Bersama Masyarakat ini akan dijadikan sebagai program pembelajaran outbound yang unik dan berbeda dengan kegiatan outbound lainnya.

Kegiatan outbound Belajar Bersama masyrakat SMA Negeri 10 Surabaya dilaksanakan di Kota Batu. Peserta diawali dengan Transit di lokasi outbound Apple Sun Learning Centre Kaliwatu Group. Peserta datang dan disambut oleh team outbound Kaliwatu Rafting,Team mengarahkan peserta menuju lapangan Outbound untuk mengikuti serangkaian kegiatan pembukaan.Setelah peserta berkumpul semua di lapangan,pihak sekolah menyerahkan siswa dan siswi SMA Negeri 10 Surabaya kepada team outbound Kaliwatu Rafting untuk mengikuti kegiatan Belajar Bersama Masyarakat di Kota Batu selama 3 Hari 2 Malam. Setelah acara pembukaan dari kepala sekolah ,Kegiatan outbound dilanjutkan dengan doa.Untuk memecah suasan dan menyatukan misi dan tujuan maka kegiatan outbound diawali dengan ice breaking,fun games dan kompetisi game.

Setelah mindset siswa sudah dirubah dengan menyamakan tujuan dari kegiatan Outbound Belajar Bersama Masyarakat,Siswa Pun diantar menuju beberapa desa sesuai dengan kelompoknya. Ada 9 desa yang digunakan ,di desa tersebut siswa harus berinteraksi dengan lingkungan dan mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh orang tua asuh pada saat itu.Karena siswa akan tinggal di rumah penduduk. Siswa akan diajarkan mengegenai peternakan sapi,kambing etawa,perkebunan sayur,perkebunan buah apel,perkebunan jambu,perkebunan Jeruk.Tidak hanya itu,siswa juga diajarkan bagaimana proses pengoalahan susu,proses industry keripik apel budidaya tanaman hias dan bunga potong.

Dari serangkaian kegiatan outbound bersama masyarakt yang dilakukan oleh SMA Negeri 10 Surabaya ini memiliki dampak yang bernilai positif,baik untuk siswa dan siswi,para guru,dan penduduk sekitar.